FUNGSI TOOLS INSERT DI MICROSOFT WORD 2016
FUNGSI TAB INSERT
Fungsi utama tab menu insert pada microsoft word adalah menyisipkan tabel, gambar, link, text box, menambahkan header & footer, memasukan rumus maupun simbol.Menu insert terdiri dari 10 group. Dalam setiap groupnya terdiri atas beberapa perintah, atau ikon yang memiliki fungsi berebeda-beda.
Berikut penjelasan setiap group, disertai gambarnya.
1. Group Pages, Mengatur halaman dalam
sebuah dokumen
a.
Cover page, menyisipkan serta memilih jenis
halaman sampul
b.
Blank page, menyisipkan halaman kosong baru
dalam suatu file dokumen
c. Page break, memisah suatu halaman file dokumen
2. Tables, Membuat atau meyisipkan tabel
a.
Insert table, menyisipkan tabel melalui dialog
insert table
b.
Draw table, menyisipkan tabel dengan cara
menggambar di halaman dokumen
c.
Convert text to table, menjadikan teks terpilih
berada dalam tabel
d.
Excel spreadsheet, menyisipkan table dalam
bentuk lembar kerja Excel
e. Quick tables, menyisipkan table instan yang sudah tersedia jenis dan bentuknya di dalam MS. Word
3. Group Illustrations,
Menyisipkan ilustrasi berupa gambar, shape, ikon, model 3D, grafik dan
tangkapan layar.
a.
Picture, menyisipkan gambar yang tersimpan di
computer
b.
Picture online, menyisipkan gambar yang tersedia
via web/online
c.
Shapes, menyisipkan objek gambar autoshape
d.
Smart art, menyisipkan gambar dalam bentuk
organization
e.
Chart, untuk menyisipkan diagram
f. Screenshot, menyisipkan gambar hasil printscreen
4. Group Add In, Menyisipkan tambahan
informasi dari luar program atau online seperti Wikipedia.
a.
Store, menambahkan eksistensi fitur maupun
aplikasi yang ada di store berikut
b. My add ins, menambahkan eksistensi, fitur maupun aplikasi yang telah kita pasang pada software word
5. Online video media menyisipkan video online seperti youtube dengan memasukan URL
6. Links, Menyisipkan alamat URL/Permalink
website ke dalam tulisan.
a.
Hyperlink,
Menyisipkan link/URL suatu artikel website ke dalam tulisan yang diseleksi
atau di blok.
b.
Bookmark,
Menandai dan menyimpan tulisan penting adar mudah di cari.
c. Cross-Reference, Menambahkan sumber informasi dengan menempelkan pada bookmark, heading, maupun footnote.
7. Comments, Memberikan komentar pada suatu tulisan. Contohnya jika pengguna ingin memberikan penjelasan pada kalimat asing Bahasa latin, maupun inggris. Agar tidak tampil di lembar kerja. Saat kita klik kata tersebut maka muncul tampilan berisi penjelasan pada samping lembar kerja atau sidebar.
8. Header & Footer, Memberikan
keterangan bagian atas, dan bawah pada batas dokumen.
a.
Header, Menyisipkan
catatan pada margin atas dokumen
b.
Footer, Menyisipkan
catatan pada margin bawah dokumen
c. Page Number, Menyisipkan angka pada margin.
9. Text, Menyisipkan kotak text, tanggal,
dan tanda tangan.
a.
Text Box,
Menyisipkan Box tulisan sesuai dengan template yang tersedia, seperti
kutipan ke dalam lembar kerja.
b.
Explore
Quick Parts, Menyisipkan format text, property, dan kategori dokumen. Seperti
penulis, maupun biografi.
c.
Insert
WordArt, Menyisipkan atau mengubah tulisan menjadi lebih artistic. Biasanya
digunakan untuk penulisan judul makalah maupun laporan.
d.
Add a
Drop Cap, Menyisipkan format penulisan seperti huruf besar pada suatu paragraph
dalam penulisan novel.
e.
Add a
Signature Line, Menambahkan tanda tangan ke dalam dokumen.
f.
Insert
Date and Time, Menyisipkan tanggal dan waktu dengan format yang telah
tersedia.
g. Object, Menambahkan dan menyatukan dokumen lain di folder komputer baik berbentuk word, pdf,maupun excel ke dalam lembar dokumen.
10. Symbols, Berfungsi untuk menyisipkan symbol
atau rumus ke dalam dokumen.
a.
Insert an
Equation (Alt + =), Menyisipkan, menambahkan, atau memasukan rumus ke dalam
dokumen. Seperti rumus matematika, maupun kimia.
b.
Insert a
Symbol, Memasukan symbol ke dalam lembar dokumen.
Labels: Edukasi
0 Comments:
Post a Comment
Berikan komentar yang membangun dan bersifat positif ! Terimakasih
Subscribe to Post Comments [Atom]
<< Home